SEJARAH JAMU SANREGO


Kayu Sanrego yang dalam bahasa latin disebut dengan Lunasia Amara adalah jenis tumbuhan semak belukar dan umumnya tumbuh di atas tanah yang berbatu.tetapi ternyata untuk mendapatkan kayu ini bukanlah hal yang mudah.  Kita harus masuk hutan, dan mendaki tebing bebatuan serta dituntut paham betul tentang kayu ini.

Menurut cerita, khasiat ramuan obat herbal Sangero ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani setempat. Ketika itu, seekor kuda peliharaan tiba-tiba menunjukkan perilaku aneh setelah meminum air rendaman Kayu Sanrego. Kuda berjenis kelamin jantan itu mendadak mengalami birahi tinggi, lalu mengawini seluruh betina yang berada satu kandang dengannya.

Pemilik kuda yang merasa penasaran lalu membawa secungkil kayu tersebut, lalu merendamnya dan meminumkannya pada kucing jantannya di rumah. Sama seperti yang terjadi pada kuda, kucing jantan itu mendadak birahi lalu mengawini kucing-kucing betina.

Sejak saat itu, tanaman liar yang berasal dari hutan-hutan di Sulawesi ini terkenal sebagai obat kuat dengan nama Kayu Sanrego sesuai nama desa tempat herbal ini pertama kali ditemukan. Khasiatnya dengan cepat menyebar dari mulut ke mulut, serta dari generasi ke generasi.

Di kalangan ilmuwan, khasiat Kayu Sanrego ini juga menarik perhatian seorang Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Hassanudin (FF Unhas) di Makassar yakni Prof Dr Muhsin Darise, MSc.


Untuk harga dan pembelian dapat anda mengklik tulisan di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar